"Anyone who has never made a mistake has never tried anything new"
(Albert Einstein, 1879-1955)

MEMAHAMI BSS NO. 15 TAHUN 1996

Posted by Togap Marpaung 10.1.11, under | No comments

Publikasi IAEA tentang Standar Keselamatan Dasar Internasional untuk Proteksi terhadap Radiasi Pengion dan untuk Keselamatan Sumber Radiasi (The IAEA International Basic Safety Standards for Protection against Ionising Radiation and for the Safety of Radiation Sources), Safety Series, No.115, 1996 disingkat BSS memberikan Persyaratan-persyaratan dasar (Basic standars) untuk dipenuhi dalam semua kegiatan yang terkait dengan paparan radiasi. Standar-standar tersebut berlaku hingga rentang praktik atau pemanfaatan (practices) yang luas meliputi pembuatan sumber, penggunaan sumber yang terkait dengan medis, industri, peternakan atau pertanian, untuk pendidikan dan penelitian, pembangkit listrik tenaga nuklir dan kegiatan pengolahan bahan nuklir hingga pengelolaan limbah radioaktif.

BSS dibagi dalam Persyaratan Utama dan sejumlah Lampiran maupun Daftar yang menerapkan persyaratan untuk paparan dan daerah kerja tertentu, seperti paparan pekerja, paparan masyarakat, paparan medis dan paparan darurat. Paparan yang berasal dari K-40 dalam tubuh, sinar kosmis pada permukaan bumi dan konsentrasi radionuklida yang tidak dapat dibatasi adalah di luar Standar, dengan kata lain tidak masuk dalam lingkup pengaturan sehingga tidak diawasi. Ketentuan-ketentuan tersebut menyatu pada Persyaratan Utama BSS.

Persyaratan Utama menetapkan apa yang bersifat imperatif atau bentuk perintah agar supaya memenuhi tujuan Standar. Hal-hal yang pokok seperti tanggung jawab berbagai pihak dan struktur manajemen yang disyaratkan untuk proteksi dan keselamatan radiasi juga diuraikan. Prinsip-prinsip dasar dan keselamatan juga dinyatakan maupun pertimbangan yang diberikan untuk persyaratan pemanfaatan dan untuk persyaratan intervensi. Persyaratan Utama BSS dibagi dalam 3 (tiga) kelompok, yaitu:

   1. Persyaratan Umum;
   2. Persyaratan Praktik atau Pemanfaatan; dan
   3. Persyaratan Intervensi
Download lengkap makalah disini!

0 komentar:

Posting Komentar

Jika Anda berkenan memberikan komentar, silahkan pilih
"Beri komentar sebagai : Nama/URL"
Kemudian tulis nama Anda dan jika Anda tidak memiliki URL(situs pribadi), biarkan kosong.