"Anyone who has never made a mistake has never tried anything new"
(Albert Einstein, 1879-1955)

KESELAMATAN RADIASI DALAM PENGGUNAAN KAMERA RADIOGRAFI INDUSTRI

Posted by Togap Marpaung 10.1.11, under | 1 comment

Penggunaan kamera radiografi industri berjalan terus seiring dengan perkembangan riset, ilmu dan pengetahuan, yang membawa manfaat bagi jutaan umat manusia di seluruh dunia. Pengalaman dengan penggunaan kamera radiografi industri ini telah menunjukkan fakta keselamatannya. Perbaikan dalam disain terus dilanjutkan dan pengoperasian yang hati-hati oleh operator terlatih telah menunjukkan tingkat keselamatan yang semakin baik.

Meskipun demikian, kadangkala sistem keselamatan atau prosedur diabaikan sehingga berakibat kecelakaan radiasi yang serius. Setiap peristiwa kecelakaan radiologis yang terkait dengan bidang industri seperti kamera radiografi industri maupun yang terkait dengan bidang medik seperti, radioterapi telah didokumentasikan dan dipublikasikan secara lebih lengkap oleh International Atomic Energy Agency (IAEA). Demikian halnya negara maju seperti, Kanada dan Amerika juga mencatat dan membuat publikasi setiap peristiwa secara lengkap dalam bentuk buletin. Sebagai contoh, pada tahun 1999 terjadi kecelakaan radiologis yang menyebabkan seorang anggota masyarakat meninggal akibat sumber paska pakai Ir-192 untuk kamera radiografi di Yango, Peru.

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) yang oleh pemerintah diberi tugas untuk mengawasi pemanfaatan nuklir di Indonesia juga berupaya membuat laporan secara rutin tentang keselamatan nuklir dari tahun ke tahun. Kecelakaan radiologis yang terkait dengan  kamera radiografi industri juga terjadi di dalam negeri seperti yang terjadi di manca negara meskipun tidak sampai mengakibatkan kematian.

Maksud tulisan ini adalah sebagai dissiminasi informasi tentang potensi bahaya, risiko atau kecelakaan radiologis. Dengan demikian, terutama pihak pengguna radiasi pengion dan pihak terkait lain dapat mengambil hikmad dari kecelakaan radiologis (lesson learned from radiological accidents) sehingga kejadian yang serupa diharapkan tidak terulang kembali.

1 komentar:

makalahnya bagus Pak Togap...lebih banyak lagi yang di posting, makasih

Posting Komentar

Jika Anda berkenan memberikan komentar, silahkan pilih
"Beri komentar sebagai : Nama/URL"
Kemudian tulis nama Anda dan jika Anda tidak memiliki URL(situs pribadi), biarkan kosong.